Ilmu Kesehatan Masyarakat

Ilmu Kesehatan Masyarakat – Jenjang Strata 1 (S1)

Visi :

Sebagai Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang merupakan pusat unggulan dalam managerial dan entrepreneurship bidang kesehatan masyarakat dan menjadi wadah pembentukan insan akademis yang professional memiliki integritas moral dan intelektual yang tinggi di Indonesia pada tahun 2020

Misi :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang , mempunyai kemampuan praktis dan analisis, merancang dan mengelola bidang kesehatan masyarakat, menguasai manajerial di bidang kesehatan dan berjiwa entrepreneurship.
  2. Menyelenggarakan dan Mengembangkan Program studi yang mampu menjawab tuntutan masyarakat khususnya upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian ilmiah yang dapat memberi kontribusi untuk pengembangan ilmu, seni dan teknologi kesehatan masyarakat, tercapainya kompetensi lulusan, dan pemecahan masalah kesehatan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian masyarakat, yang dapat memberi kontribusi untuk pengembangan ilmu seni dan teknologi kesehatan masyarakat, tercapainya kompetensi lulusan, dan pemecahan masalah kesehatan masyarakat.

Tujuan :

  1. Menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang mempunyai kemampuan praktis dan analisis, merancang dan mengelola bidang kesehatan masyarakat, menguasai manajerial di bidang kesehatan dan berjiwa entrepreneurship.
  2. Menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang kompeten yang mampu menjawab tuntutan masyarakat khususnya upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif.
  3. Meningkatkan kualitas proses kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan hasil perkembangan ilmu pengetahuan,seni dan teknologi kesehatan masyarakat yang mendukung kreatifitas, penerapan, kemampuan konseptual dan manajerial dalam pengelolaan kesehatan secara efektif dan efisien.
  4. Meningkatkan kualitas budaya akademik yang profesional di kalangan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yang kondusif yang berdampak positif pada kualitas lulusan
  5. Meningkatkan kerjasama kemitraan di bidang tridharma perguruan tinggi dengan instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan industri dalam dan luar negeri, untuk mewujudkan proses belajar mengajar pada jenjang SKM yang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan dari industri dan dunia pendidikan.
  6. Menghasilkan penelitian ilmiah yang mendukung pengembangan ilmu, seni, dan teknologi kesehatan masyarakat, tercapainya kompetensi lulusan, dan pemecahan masalah kesehatan masyarakat.
  7. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan ilmu, seni, dan teknologi kesehatan masyarakat, tercapainya kompetensi lulusan, dan pemecahan masalah kesehatan masyarakat.

Akreditasi  program pendidikan S1  Ilmu Kesehatan Masyarakat  telah dilakukan pada  tahun 2014 dengan hasil  terakreditasi B (Nomor 165/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VI/2014)

lampiran

Kalender Akademik IKM Semester I 2014-2015  downnload

Kalender Akademik IKM Semester II 2014-2015  download

Sebaran Mata Kuliah  download